Faktor - Faktor yang mempengaruhi pengeringan tinta, apa aja sih?😏


Faktor yang mempengaruhi pengeringan tinta cetak berbeda – beda di setiap jenis sistem pengeringannya. Untuk sistem pengeringan secara adsorbsi faktor yang mempengaruhinya ialah pori – pori kertas, gaya kapilaritas dan kecepatannya. Pori – pori kertas ini mempengaruhi sistem daya serap kertasnya semakin banyak pori – porinya maka semakin sulit dia akan mengering. Karena pori pori yang banyak ini akan menampung tintanya dipermukaan kertasnya sehingga kertas tersebut menjadi terlalu lembab. Lalu jika pori – porinya kertasnya sedikit maka kertas tersebut akan semakin mudah mengering. Karena pori – pori yang ditampung dikertas tidak terlalu banyak dan tidak juga membuat kertas terlalu lembab. Lalu gaya kapilaritas dan kecepatannya juga ikut andil dalam proses pengeringan tinta secara adsorbsi. Karena jika gaya kapilaritas dan kecepatannya kecil akan membuat beberapa lembar kertasnya ada yang tidak memiliki image atau teks. Dan juga gaya kapilaritas dan kecepatannya juga mempengaruhi daya serap dari permukaan material kertas tersebut.

Lalu untuk sistem pengeringan tinta cetak secara polimerisasi oksidasi faktor yang mempengaruhi pengeringannya ialah oksigen dan pori – pori kertas material. Oksigen berguna untuk membentuk molekul lebih padat dari molekul pembentuknya menjadi agak keras dan mempercepat pengeringannya. Lalu pori – pori berguna sebagai daya serap material bahan cetaknya. Semakin banyak pori – porinya maka semakin sulit pula kering tintanya adapaun jika pori – porinya sedikit maka semakin cepat  pula keringnya.

Kemudian faktor yang mempengaruhi sistem pengeringan secara evaporasi (penguapan) ialah  Suhu, semakin tinggi suhu udara maka pengeringan akan semakin cepat, lalu kecepatan aliran udara pengering, Semakin cepat udara maka pengeringan akan semakin cepat, kemudian kelembaban udara, Makin lembab udara, proses pengeringan akan semakin lambat, lalu Arah aliran udara, Makin kecil sudut arah udara terhadap posisi bahan, maka bahan semakin cepat kering, dan ukuran material, Makin kecil ukuran material, pengeringan akan makin cepat. Terakhir Kadar air, Makin sedikit air yang dikandung, pengeringan akan makin cepat.

Dan terakhir faktor yang mempengaruhi sistem pengeringan secara polimerisasi radiasi (lampu uv) ialah lampu uv. Pengeringan tinta UV merupakan reaksi polimerisasi yang terdiri dari tahap inisiasi, propogasi, dan terminasi. (Dzunuzovic, E, 2005). Tahap inisiasi merupakan tahap awal dari UV Curing, dimana terjadi pembentukan radikal bebas.Tahap propagasi merupakan tahap pengembangan rantai molekul sehingga terbentuk molekul yang lebih panjang. Tahap akhirnya adalah reaksi terminasi yaitu terbentuknya molekul yang lebih stabil karena penggabungan radikal bebas. Pada tahap ini terjadi perubahan fisis dari tinta cetak, dimana tinta mengering. (Dzunuzovic, E, 2005). Pengeringan tinta yang digunakan dengan intensitas sinar yang tinggi akan meningkatkan terjadinya radiasi polimerisasi sehingga proses pengeringan tinta UV juga akan semakin cepat. (Park, YJ, 2004). Panjang gelombang sinar UV yang digunakan dalam UV curing antara 200-400 nm.   ( Sumber : Dapawan, Kunwong, Natthawadee Sumanochitraporn, and Supranee Kaewpirom. (2011), Curing behavior of a UV-curable coating based on urethane acrylate)

credit photo by : https://unsplash.com/photos/j2JRN7tQB28?utm_source=unsplash&utm_medium=referral&utm_content=creditShareLink

Post a Comment

2 Comments